Blue Fire Pointer Segala ada di sini dot com: Naiknya Harga Kedelai

Pages

Sabtu, 28 Juli 2012

Naiknya Harga Kedelai

Perajin tahu di sentra industri kecil Desa Karanganom, Klaten, Jawa Tengah, mendesak pemerintah mengendalikan harga kedelai. Usaha industri kecil tahu yang sudah turun temurun itu terancam gulung tikar jika kenaikan harga bahan baku kedelai terus melambung. 


"Kami minta pemerintah segera turun tangan mengatasi masalah kenaikan harga kedelai. Usaha industri kecil tahu ini akan tutup jika harga bahan baku kedelai terus naik tak terkendali. Lihat saja, sekarang sudah mencapai Rp8.000 per kilogram," kata Sumirah, 46, Sabtu (28/7). 


Dengan kenaikan harga kedelai, lanjutnya, perajin tahu di sentra industri kecil itu bingung. Tapi, untuk menjaga pelanggan mereka tetap berproduksi. 


Hanya saja, kapasitas dikurangi dan ukuran tahu diperkecil. Alasannya, kasihan kepada konsumen dan tenaga kerja jika kegiatan usaha berhenti. 


"Untuk keberlangsungan usaha, perajin tahu di sentra industri kecil ini mengharapkan pemerintah mengendalikan harga kedelai. Jika harga melambung, biaya produksi tentu naik. Demikian juga harga tahu atau tempe di pasar menjadi mahal seperti sekarang," imbuh Marno, 73. 


Kenaikan harga tahu dan tempe pun dikeluhkan konsumen. Karena, sekarang harga lauk yang cukup bergizi itu  dinilai mahal. 


"Saya tadi pagi membeli tempe mentah yang dibungkus daun sudah Rp500, padahal sebelumnya hanya Rp250 per buah," ujar Tatik, warga Kalikotes.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar